Senin, 21 Desember 2015

More than a cup of coffee...

http://images.8tracks.com/


Hi dear....

Sebenernya sih ini bukan pertama kali aku nulis blog, tapi ini aku lakukan lagi karena, ahhhh...ya sudahlah.... :)

Namaku Alice lengkapnya Alicia Suwiryo (Sebenernya ini nama aku samarin dikit sih #LOL)

Aku nulis blog ini karena beberapa alesan.
1.       Pengen eksis (gak juga sih sebenernya juga udah eksis di dunia social media yang hits ini wkwkwkwkwwkw #LOL)
2.      Pengen curhat
3.      Karena aku lagi gak ada kerjaan di kantor .
4.       Gak tau harus ngapa...
5.       Gak tau mau ngapain...
6.       Gak tau sebenernya gimana..

Hahahahahaha....

Alesan yang gak bermutu, tapi pengen banget sih ngobrolin alesan yang nomer 2 (Panjang jadi harus dibaca baek-baek).

Yuppppssss,,,
Aku adalah seorang wanita berumur 23 tahun (tepatnya pas 3 Desember kemarin aku ultahnya.... Yeeeeeee!!!!). Aku adalah karyawati swasta di salah satu perusahaan Farmasi di kota tempat ku tinggal di S*l*, Jawa Tengah. (wkwkwkwkwkww, jelas walaupun di sensor pasti udah pada tau aku dari mane...) Aku pegawe kantoran yang sebenernya background pendidikanku adalah tenaga kesehatan (Taulah yang biasa di rumah sakit ape diklinik). First, rasanya seneng banget pas bisa ketrima disini, yang pertama karena kerjaanku cuma dikantor aja beda banget sama yang aku pelajari waktu aku SMK & kuliah, secara GTL (baca : GiTu Loohh) aku adalah supervisor di situ. Terus kantornya enak sih, karena ini adalah perusahaan besar, ruangannya adem (Di sini sistemnya HVAC jadi ACnya bukan AC kecil yg 1 atau 1,5 pk kaya’ di rumah-rumah ntu, tapi udah kek MALL....!!!!!), kursi empuk, tiap hari makanannya katering yang lauknya bisa pilih sendiri dan enak-enak (yeee...walaupun kuah bakso& sopnya kek nelen micin mentah-mentah & kuah es buahnya kek nelen sakarin 1 botol sirup).

Perusahaan ini aku akui emang TOP banget kalo’ urusan kepegawaian. Bagi mereka yang berpuluh-puluh tahun disini (Aku bilang berpuluh-puluh tahun karena waktu aku gosip ama orang-orang sini udah ada yang kerja mpek 35 taon...Njirrrrr udah mpek beranak pinak, aku satu aja mah belon udah klepek-klepek) mereka yang udah seniorrr banget akan dapet uang dana pensiunan dengan nominal yang gak sedikit (walaupun sebenernya uang pensiun mereka juga dipotong dari gaji pokok mereka setiap bulan sihh...Sama aja ini PEMBODOHAN MASAL). Tapi untuk fasilitas okelah semuanya bagus-bagus dan selalu baru serta rapi dan bersih, walupun gak ada uang lembur untuk mereka setara supervisor (jadi macem aku gini nihh mo lembur ampe’ matanya burem gak bakalan dapet tambahan gaji). Antar karyawanpun kekeluargaan banget deh....

Terus....???? Apa yang membuat aku gak betah???
Yang membuat aku gak betah adalah sistem perekrutan yang menurut aku gak efektif dan efisien (Seperti apa yang digadang-gadangkan mereka “Mencari Tenaga Kerja Yang Mampu Bekerja Secara Efektif dan Efisien”). Yohaaaaa, di sini pake’ sistem Management Trainee, tau kan....? Jadi para MT (sebutan pegawe baru macem ane) akan diberi waktu 1 tahun untuk menyelesaikan program dari HRD. Programnya ada 3, yang pertama orientasi, MT ini disuruh untuk meng explore apa saja yang ada di bagiannya, mulai dari Personil, Job Desk, sampe alat apa aja yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja tersebut. Program yang pertama dikasih waktu kurang lebih 2,5 bulan kemudian presentasi yang dihadiri oleh manager-manager dari bagian dan juga manager HRD. Dari presentasi itu akan dinilai, kalo lulus bisa lanjut kerja, kalo gak yawessss siap-siap di PHK. Terus yang ke 2 ada program praktek konsep, jadi MT ini sebelumnya juga dibekali ilmu tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah di suatu bagian dan MT ini juga harus dapat menyelesaikannya (dalam bentuk saran perbaikan aja sih), HELLLOOOO walaupun cuma saran perbaikan tapi ini nih yang nyebabin aku udah niat banget 100000000% buat cabut dari nih perusahaan. Yang ke 3 namanya program proyek, jadi ntar manager bagian akan nyerahin tugas ke MT untuk membuat atau membenahi suatu sistem dan menciptakan hal baru yang berguna bagi bagian itu sendiri atau bahkan perusahaan. Di tahap ke 2 dan ke 3 itu juga kurang lebih waktunya sekitar 2,5 bulan, dan tiap akhir program selalu ada presentasi...

Wellll.....welllll....wellll..

Program macem gitu buat orang macem aku yang blangsak dan males, ya ujung-ujungnya cuma bikin gagal paham doang... (hahahhahahhahaha....). Pernah suatu ketika aku dimarahin manager kena semprot habis-habisan gara-gara aku gak ngerti-ngerti. Yahhhh males juga sih ngerjain begituan, udah capek2 kerja mennnn masih mikir kek begitu, temen aku yang lain aja paling 3 bulang training, dilihat kinerjanya kalo gak ada masalah yang bedebah bangettt ya pastilah mereka langsung and so pasti langsung jadi pegawe tetap mereka. Pernah juga aku tanya ke sodara sepupu ku yang kerja di salah satu perusahaan Farmasi besar di Jakarta sono soal MT, dia bilang ada dan pasti ada di perusahaan besar, tapi bagaimana metode dan penerapannya tergantung masing-masing perusahaan. Di tempat dia kerja program MT hanya diperuntukan untuk mereka dengan standar minimal Apoteker yang jelas dan pasti mereka akan menduduki jabatan penting di perusahaan. Lha kalo disini gak’lah lulusan SMK aja ikut MT dan aku lulusan D3 gak mungkin banget menduduki jabatan penting (KECUALI AKU SEKOLAH DAN MELANJUTKAN KE JENJANG YANG LEBIH TINGGI) aku bisa bilang begitu karena aku tau sendiri mereka yang lulusan D3 ya cuma begono-begono ajahhhh idupnya.....

So, kalo menurut aku program mereka bagus untuk meningkatkan konsep berpikir tapi gak tepat dan gak efisien sama sekali dan gak efektif. Bayangin waktu 1 tahun adalah waktu yang cukup untuk para karyawan (dalam hal ini karyawan macem aku) bekerja sesuai bidangnya aja dan gak perlu pake’ program yang menyita waktu, perhatian, dan jam tidur (zzzzzzzzz...). Akan lebih efektif kalo aku bekerja full untuk perusahaan daripada ngerjain beginian (ya walaupun program ini buat perusahaan juga sih tapi gak passs bangetlahhh...)

Sekian dulu deh, BTW aku nulis ini di jam kantor lhooo..hahahaha...jangan ditiruya khusus buat aku yang sebentar lagi resign aja...
Masih banyak yang bisa diceritain, buat kalian yang mau share silakan aja comment di blog ini... ;)

Xoxo,
Alice Suwiryo

0 komentar:

Posting Komentar

Free for sharing...

 
;